INFORMATION

Saturday, 30 July 2016

My Activity, aplikasi untuk mencari tahu informasi kita yang diambil Google


My Activity, aplikasi untuk mencari tahu informasi kita yang diambil Google
Siapa yang tidak kenal Google? Salah satu perusahaan paling besar di dunia yang melayani di berbagai bidang, terutama mesin pencari. Hampir semua orang pernah menggunakan mesin pencari yang disediakan secara gratis oleh Google. Namun, di sisi lain Google juga mnedapat kritik yang cukup keras perihal penggunaan data-data pribadi yang digunakan perusahaan raksasa tersebut untuk menghasilkan uang. Demi transparansi yang lebih lanjut maka akhirnya Google pun mengeluarkan aplikasi “My Activity” yang berguna untuk melihat informasi singkat mengenai data-data pribadi apa saja yang diketahui oleh google dan merubahnya.


Google sebagai sebuah perusahaan besar yang kantornya tersebar di berbagai negara dan memiliki ribuan pekerja sudah pasti membutuhkan uang untuk tetap beroperasi. Namun, anehnya hamper semua layanan yang diberikan oleh Google dapat diakses secara gratis. Padahal sebagai sebuah perusahaan, tentu saja keuntungan merupakan sesuatu yang harus didapatkan dan hal itu haruslah berasal dari suatu tempat yaitu data pribadi kita.


Dalam hal ini Strategi yang digunakan oleh Google adalah dengan mengumpulkan data-data mengenai pengguna dan menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan iklan, atau dalam hal ini bisa disebut iklan yang terbidik. Sebenarnya hal ini sama saja dengan yang dilakukan oleh pihak facebook dan beberapa pihak di internet lainnya yang berusaha untuk mencari keuntungan. Dengan kata lain, semakin banyak Google tahu tentang kita, semakin besar kemungkinan kita akan melihat suatu iklan yang akan menarik perhatian kita. Hal ini sendiri dapat dipahami oleh sebagian besar pengguna karena Google membutuhkan uang untuk tetap menjalankan jasanya, sementara beberapa pihak yang lain tidak setuju dengan hal ini.


Karena lelah mendengar keluhan mengenai pencurian data dan pengeksploitasian informasi pribadi untuk tujuan keuntungan, maka akhirnya pihak Google membuat aplikasi yang diberi nama My Activity di mana kita bisa melihat secara singkat informasi-informasi pribadi yang diambil oleh pihak Google sekaligus meningkatkan nama baik Google.


Dengan masuk menggunakan akun Google kita, maka kita akan dapat melihat sebuah timeline yang berisi informasi-informasi yang telah Google kumpulkan. Aplikasi ini tidak hanya akan menunjukkan kata kunci yangpenah kita cari di Google namun juga aplikasi yang kita pernah gunakan di perangkat cerdas.


Dalam hal ini google juga memberikan pilihan untuk melarang pengambilan data pribadi kita. Namun, tetap saja ini bukan berarti pihak Google akan sama sekali tidak bisa mengambil informasi pribadi mengenai kita.


Yang jelas Google adalah sebuah perusahaan besar yang membutuhkan uang untuk tetap beroperasi. Sedangkan aplikasi ini sendiri tidak jelas apakah benar-benar bertujuan untuk memberikan transparansi atau hanya untuk sekedar meningkatkan nama baik.

No comments: