INFORMATION

Saturday, 30 July 2016

Akhirnya End-to-end Encryption Hadir di Messenger


Akhirnya End-to-end Encryption Hadir di Messenger


Sepertinya keinginan facebook messenger untuk menjadi aplikasi bertukar pesan nomor satu menjadi semakin besar. Hal ini ditunjukkan oleh fitu-fiturnya yang terus diperbaharui dan kepeduliannya kepada para pengguna. Seiring dengan meningkatnya tingkat kesadaran pengguna aplikasi bertukar pesan akan keamanan maka facebook messenger-pun akhirnya menambahkan fitur end-to-end encryption.


Hanya saja dalam facebook messenger ini sendiri akan disebut sebagai secret conversation alias percakapan rahasia. Di mana percakapan yang kita hanya lakukakan akan benar-benar hanya dapat dilihat oleh pengirim dan penerima pesan sehingga pihak facebook sendiri tidak dapat membaca pesan tersebut.


Facebook messenger sendiri telah mengambil beberapa langkah untuk kembali memastikan bahwa percakapan yang dilakukan melalui aplikasi facebook messenger ini tetap aman sekalipun pinsel kita dicuri oleh seseorang. Misalnya saja, di dalam percakapan rahasia pengguna dapat mengatur masa berlaku dari suatu percakapan sehingga ketika telah melewati batas waktu yang ditentukan pesan tersebut akan hilang dengan sendirinya, dengan kata lain pesan kita tidak akan tersimpan selamanya atau setidaknya dalam jangka waktu yang sangat lama seperti biasanya.


Mode percakapan rahasia tersebut untuk beberapa saat ini hanya akan tersedia untuk para pengguna perangkat IOS dan Android. Sedangkan untuk pengguna aplikasi berbasis computer maupun berbasis situs nampaknya masih harus sedikit bersabar menunggu fitur ini hadir di versi tersebut.


Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa fitur percakapan rahasia ini sendiri dapat dinikmati oleh seluruh pengguna facebook messenger yang saat ini berjumlah kurang lebih satu miliar hanya jika para pengguna tersebut mengaktifkan mode tersebut. Sama seperti yang dilakukan oleh aplikasi berbagi pesan yang dimiliki oleh Googe, Allo. Mode percakapan rahasia tidak akan aktif secara bawaanakan tetapi harus diaktifkan terlebih dahulu.


Tim Facebook Messenger sendiri berdalih bahwa fitur end-to-end encryption ini memang tidak bersifat wajib untuk digunakan sehingga butuh diaktifkan terlebih dahulu agar dapat digunakan. Hal ini tidak terlepas dari jumlah fitur yang dapat digunakan di aplikasi berbagi pesan tersebut jika mode percakapan rahasia diaktifkan.


Mode percakapan rahasia yang dimiliki Facebook Messenger ini sendiri dibangun diatas Signal Protocol yang dikembangkan oleh Open Whisper Systems yang merupakan pengembang dari sistem yang sama pada aplikasi berbagi pesan WhatsApp.


Yang jadi pertanyaannya sekarang adalah seberapa pentingkah kita mengenkripsi pesan-pesan yang kita kirim ke orang lain? Apakah semua pesan yang kita kirim harus dienkripsi sekalipun itu hanya obrolan-obrolan biasa saja? Yang jelas tidak ada salahnya untuk mengaktifkan fitur yang satu ini untuk menjamin dari keamanan dari pesan-pesan yang kita ke kirim ke orang lain.


No comments: